Mengenal elemen dasar jendela photoshop

Jumat, 20 Agustus 2010

Setelah kita cukup membahas tentang Pengenalan Photoshop, sekarang kita akan mempelajari elemen dasar pada jendela kerja photoshop.

Sebelum kita masuk ke program Photoshop dan menjalankannya, terlebih dahulu Install program Photoshop di komputer anda. Dapatkan master softwearnya di sini.

Setelah anda install program photoshop di computer anda, kemudian anda bisa langsung membuka program aplikasi Photoshop tersebut.

Setelah anda buka, pada lembar pertama anda akan secara otomatis dihadapkan pada jendela kerja photoshop, seperti gambar di bawah ini:



Bagi pemula tentu jendela kerja photoshop tersebut sangatlah asing dan bingung harus dari mana memulainya. Untuk itu akan saya coba kasih tahu secara satu persatu masing-masing elemen yang ada pada jendela kerja photoshop tersebut. Karena pada dasarnya pemahaman elemen dasar jendela kerja photoshop secara tidak langsung akan meningkatkan produktifitas kerja anda, dan hal ini mutlak anda ketahui sebagai dasar menggunakan photoshop.

Berikut keterangan Element dasar dari jendela kerja Photoshop:

Menu Bar

Berisi tentang barisan perinath menu, yaitu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window, dan Help.
Baris menu ini terkelompok berdasarkan topic dan kegunaannya masing-masing.

ToolBox

Di sinilah inti letak kerja Photoshop, karena pada bar ini berisi tombol-tombol yang mewakili alat atau piranti yang digunakan untuk membuat atau menyunting image atau gambar. Di mana masing-masing tombol mempunyai nama dan fungsinya.

Option Bar

Berisi tombol-tombol pengaturan tambahan, sesuai dengan tombol toolbox yang anda pilih.
Misalnya kalau anda mengaktifkan tombol Lasso Tool (L) pada toolbox, maka pada option bar akan muncul tombol-tombol pendukung tombol Lasso Tool. Begitu juga dengan tombol-tombol toolbox yang lain.
Namun jika tombol Option Bar ini tidak muncul, anda dapat menampilkannya dengan memilih menu Window>Options.

Jendela Kerja (Canvas)

Merupakan jendela kerja yang digunakan untuk berkreasi atau menyunting image.

Status Bar

Menampilkan beberapa informasi tentang obyek yang anda pilih.

Pallete

Digunakan untuk memilih dan mengatur berbagai parameter ketika anda menyunting suatu image. Misalnya” Layer, History, Navigator dan lain-lain.
Untuk mengaktifkan pallete anda bisa memilih menu Window dan kemudian pilih pallete yang anda inginkan.


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes