Pengenalan Adobe Photoshop

Jumat, 20 Agustus 2010

Anda mungkin sering dengar program design Adobe Photoshop, di mana program ini difungsikan untuk menyunting dan memanipulasi image (image-editing). Dengan menggunakan program ini anda akan dengan leluasa mampu menyunting dan memanipulasi image dengan kwalitas tinggi.

Adobe Photoshop sengaja dirancang sebagai program aplikasi pengolah image dengan format bitmap, atau yang sering disebut Raster. Di mana image-image tadi merupakan hasil pembentukan dari beberapa grid warna. Grid ini adalah elemen dasar dari sebuah image yang biasa disebut pixel atau picture elements.

Pada dasarnya, proses penyuntingan image tadi hanyalah merupakan proses penyuntingan lokasi pixel-pixel tadi. Sedangkan tingkat kwalitas gambarnya bergantung pada tingkat kepadatan (resolusi) grid pixelnya. Semakin tinggi resolusi sebuah image, maka pixel yang terkandung didalamnya akan semakin banyak pula, yang tentunya kwalitas gambar yang dihasilkan juga semakin bagus. Oleh karenanya image model ini biasanya digunakan pada photography atau digital painting.

Tapi perlu diingat, bahwa semakin tinggi tingkat resolusi sebuah image maka akan semakin besar pula ukuran memory filenya.

Pada program Adobe Photoshop mempunyai tiga mode warna yang dominant, yaitu Red, Green, Blue (RGB); Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK) serta Index Color.

Pada dasarnya struktur image yang dihasilkan oleh monitor dengan image atau gambar cetak mempunyai perbedaan. Monitor computer mempunyai elemen pembentukan warna RGB, sedangkan warna yang dihasilkan oleh media cetak mempunyai empat kali proses pewarnaan, yaitu CMYK.


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes