Pengenalan Dasar-Dasar Corel Draw

Jumat, 20 Agustus 2010

Corel Draw adalah merupakan salah satu program design grafis yang boleh di bilang sangat memasyarakat. Corel Draw hampir digunakan oleh sebagian besar para designer. Hal itu disebabkan karena corel draw adalah program design grafis yang sangat kompatible dan gampang untuk dipelajari.

Dengan menguasai corel draw maka anda akan dapat membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain. Itulah makanya kenapa corel draw lebih cenderung banyak diminati oleh banyak orang.

Untuk berekspresi dengan corel draw, maka pertama2 yang hrus anda lakukan adalah menginstall software ini di komputer atau laptop anda. Setelah itu maka ikuti langkah2 berikut:

1. Jalankan Corel Draw
Ketika anda menjalankan corel draw, maka anda akan berhadapan dengan layout seperti ini..


Setelah itu klik Tab New Blank Document (yang saya kasih garis kotak merah) untuk membuka lembar kerja baru.

2. Setelah itu anda akan menemukan beberapa komponen bar yang mungkin anda belom tahu cara penggunaannya.
Oke....lihat gambar di bawah ini..!! saya akan menjelaskan fungsi dan kegunaan masing komponen bar tersebut.

a. Menu Bar
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, View, Layout, Arange, Effect, Bitmap, Teks, Tool, Window dan Help. Dari semua menubar tersebut masing2 mempunyai sub menu bar. Anda bisa mengklik salah satu menu tersebut maka anda akan dapat memilih sub menu bar yang anda inginkan. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.

b. Standar Bar
Dalam menjalan corel draw, anda juga bisa mengakses perintah-perintah corel draw melalui Standard Bar (lihat gambar diatas). Pada Standard Bar terdapat icon - icon perintah yang dapat anda gunakan, misalnya anda bisa membuat file baru, membuka file, menyimpan, mengcopy, mencetak dan sebagainya.

c. Property Bar
Property Bar merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Karena pada dasarnya Property Bar akan selalu berubah-ubah menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif baik pada menu bar, property bar maupun pada tool Box.
Dengan demikian maka anda akan dapat mengakses komponen dari tiap-tiap Bar secara cepat dan saling berhubungan.

d. Tool Box
Tool Box adalah inti bar dan merupakan sarana utama serta harus dikuasai setiap akan mengoperasikan corel draw. Karena inti kerja corel Draw adalah hampir sebagian besar ada di ToolBox. Tool Box juga menyimpan berbagai perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan masih banyak lagi.

Penjelasan di atas adalah inti dari pada dasar mempelajari Corel Draw. Meskipun masih banyak komponen bar yang sifat skunder pada corel draw, namun hal itu akan kita bahas berikutnya.

Semoga berguna dan teruslah belajar...!!!


Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes