Tehnik Cropping Gambar dengan Photoshop

Jumat, 20 Agustus 2010

Banyak cara maupun teknik agar kita bisa berkreasi dengan adobe Photoshop. Salah satunya adalah dengan menggunakan tehnik cropping. Tehnik cropping sebenarnya termasuk tehnik dasar dalam mempelajari Photoshop. Tapi meskipun tergolong dasar, namun saya yakin belum tentu semua orang menguasai tehnik ini.

Oke, langsung aja ke pembahasan

1. Langkah pertama yg harus dilakukan adalah Jalankan aplikasi Adobe Photoshop
2. Buka file gambar yang akan anda cropping.
3. Klik tombol Zoom Tool pada Tool Box untuk memperbesar obyek yang akan anda cropping. Hal ini dilakukan agar proses peng-croppingan bisa lebih fokus dan lebih presisi.
4. Kemudian aktifkan Pen tool pada tool box dan pilihlah opsi paths pada option bar.



Sebagai catatan selain pen tool, anda juga bias menggunakan Lasso Tool, tergantung pilihan anda.

5. Kemudian mulailah menjalankan tool tersebut dengan cara mengklik pada lokasi gambar yang akan anda cropping. Lakukan hal ini secara terus-menurus hingga point terakhir ketemu dengan point pertama saat anda mulai menggambar tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:



6. Setelah anda selesai membuat path dasar, selanjutnya kita akan mengedit path tersebut agar dapat mengikuti lekuk – lekuk pada objek yang akan kita cropping. Caranya, klik tahan pada Pen tool untuk menampilkan sub menu, dan pilihlah Convert Point Tool.

7. Dengan Convert Point Tool aktif, klik satu kali pada path dan mulailah dengan mengedit setiap point pada path dengan cara mengklik dan tahan pada point – point yang telah kita buat sebelumnya kemudian drag ke arah atas, bawah, kiri atau kanan seperti pada gambar. Perhatikan bahwa secara otomatis dua buah Curve Point akan terbentuk. Aturlah curve point tersebut dengan cara men-drag-nya mengikuti pola gambar. Perhatikan gambar berikut, untuk melihat perbedaan sebelum mengedit curve point dan sesudah.



8. Ulangi langkah no.7 tersebut pada point – point lainnya sehingga hasilnya terlihat seperti ini.



9. Jika menurut anda posisi path udah bagus seseuai selera anda, maka selanjutnya adalah Klik menu [Select] – [Inverse] atau tekan tombol Shift+Ctrl+I pada keyboard beberapa kali dengan tetap memastikan bahwa seleksi akhir adalah objek dan yang ingin kita crop adalah objek. Proses ini dilakukan agar bidang seleksi lebih halus.

10. Setelah itu rubah colour backround menjadi warna putih, dan kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini:



11. semoga bermanfaat.


sumber illustrasi image: tianzega.wordpress.com


Share/Bookmark

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih Infonya Gan..., Kalo mau buat efek cahaya gimana gan?? makasih sebelumnya.

graphickoe mengatakan...

@Anonim: Sebelumnya makasih atas kunjungannya. Cara membuat efek cahaya, tunggu tutorial selanjutnya ya...!!

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes